Sabtu, 21 Maret 2009

Windows VS Linux

Mengapa harus di bandingkan antara Windows dengan Linux????

Kalo menurutku sih, karena Windows itu hanya untuk orang yang punya banyak duit, sedangkan Linux buat orang sepertiku yang ga punya banyak duit. Bayangkan ja, untuk menginstal windows di kompi kita, harus keluar duit 1 juta lebih, belum kalo mau di pasang Microsoft officenya, mending uangnya buat beli laptop saja.

Tapi kata temanku, ga semahal itu, cuma bayar antara 30 ribu sampai 50 ribu, sudah dapat Windows (xp maupun vista) lengkap dengan Microsoft Officenya.

Tapi sayang, dengan uang segitu, kita telah menempatkan barang haram ke dalam kompi kita. Kenapa haram, karena kita telah melakukan pembajakan terhadap program Windows. Kan Bill Gates gak mau beri kita cuma-cuma windows dan officenya, kita harus beli.

Ada lagi teman yang bilang, windows xp miliknya genuine, tapi dia sebenarnya ga beli windowsnya, tapi cuma pakai program yang berfungsi menjadikan windows xp terbaca genuine. Ini aspal, asli tapi palsu, hukumnya juga sama ya haram.

Lalu bagi kita yang ga sanggup beli (lisensi) Microsoft Windows dan Officenya gimana??? Ada banyak solusi yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan linux yang sebagian besar distronya (=distribusi) gratis alias ga bayar, padahal sudah dilengkapi dengan Open Office yang juga gratis.

Jadi sebenarnya kalo membandingkan antara Windows dan Linux, antara lain dari segi harga, linux gratis, tapi bukan berarti ga bagus, bahkan untuk perusahaan-perusahaan besar, solusi yang ditawarkan linux sangat menguntungkan mereka, dari pada mereka melakukan pembelian lisensi microsoft.

Dari segi pembelajaran, microsoft itu hanya memberikan sedikit pembelajaran kepada user/pengguna, kalo linux, kita musti belajar untuk menggunakannya. Tapi ada teman yang nyeletuk, saya kan ga pengen ribet belajar-belajar lagi. Kalo punya duit beli saja Windows, tapi kalo yang ga punya anggaran untuk beli Windows, ya, kita belajar bersama.

Kalo udah punya Windows gimana? Bisa ja diinstall dualboot atau kalo ga mau ribet, pakai ja yang live cd, tapi resikonya, cdrom drive akan cepat aus, jadi mending diinstall dual boot ja.

Mungkin itu opini pribadi saya tentang Windows dan Linux, kepada kawan-kawan silahkan berikan komentarnya dan kalo ada salah persepsi dalam tulisan ini, tolong diberikan pencerahannya.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertanyaan saya:
1. Apakah setiap document M.office bisa dibuka dan diedit lewat open office dan kemudian diedit lagi lewat M.office?
2. Distro apakah yang saya pakai untuk buka warnet yang lengkap dengan billing dan software lainnya yang diperlukan untuk warnet?
3. Apakah linux sudah stabil?

Poeboe@84 mengatakan...

Gaer nah, dsambat haram pake bajakan. Jadi coba-coba dhulu pake linux, kena ada ja ksitu. Awak minta data2 smalam slajuran.

Unknown mengatakan...

iyaam leh, hndak kada pake bajakn anggarannya kada mayu.. :( mudanae linux neh mmbari solusinya..

maju terus palinukan... ^_^

Anonim mengatakan...

@ anton: openoffice sudah memiliki format *.odt yg sudah diakui sbg format standar document..,dan kalo masih pengen menggunakan *.doc openoffice juga bisa, coba gunakan zencafe..untuk warnet, apakah windows stabil??didunia ini ga ada yg sempurna..skrg yg jadi pertanyaan kestabilan yg gimana?di windows kita mungkin hanya bisa menunggu update resmi dari mikocok, sdgkn linux..kita bisa melaporkan bila terdapat bug dan itu dpt dipecahkan bersama-sama..

Anonim mengatakan...

Solusi hemat windows original, cobain aja Windows 7 Beta, lumayan sampai Juli 2009. Office-nya kan bisa pake OpenOffice for Windows.

ipulborneo mengatakan...

@Anton,
1. benar kata Alam, setiap dokument ms office bisa ja di edit di open office ataupun abiword.
2. pakai Zencafe emang bagus, itu distro bikinan orang Indonesia yang sudah mendunia, tapi kalo mau ubuntu juga ga masalah, buktinya warnet Raihan com dibarabai pakai itu kok (promosikan warnet linux di barabai nih).
3. Apakah windows sudah stabil? itu juga sebenarnya patut dipertanyakan. Sekarang kalo berurusan dengan virus, worm, dan trojan, gimana windows menghadapinya? Kalo di linux, emang ada trojan dan sejenisnya, tapi virus dan worm, sepertinya sangat sulit untuk berkembang.
Gimana Anton? Udah yakin pakai linux untuk warnetnya? Untuk biling dan software lainnya sudah lengkap ada di linux.

Yusuf El Fasiry mengatakan...

aku kada handak bakomentar kada tapi handak batakun barapa ikam sudah baisi anak ?