Rabu, 04 Maret 2009

Perintah yang sering ku tuliskan di konsole/terminal linux

Tulisan ini hanya mencoba memperkenalkan perintah-perintah under konsole atau kalo di windows itu ya under dos, karena emang kesenangannya pakai konsole. Sepertinya keren kalo bisa mengetikkan perintah-perintah di konsole meskipun hanya untuk melihat daftar nama file doang :).

Peritah yang paling sering digunakan adalah
$ls
$ls -l
$ls -al
Perintah pertama, berfungsi untuk menampilkan daftar nama file yang ada di folder tempat kita berada. Perintah kedua untuk menampilkan daftar nama file beserta permisionnya (hak akses). Yang ketiga itu untuk menampilkan daftar nama file beserta permisionnya juga file yang dihidden (disembunyikan) yang ditandai dengan titik (.) dimuka file juga ditampilkan.

Perintah selanjutnya yang suka kugunakan adalah
$sudo su
$sudo -s
Perintah ini untuk bisa menjadi user root, biasanya untuk menginstalasi atau melakukan perubahan yang berhubungan dengan sistem. Kedua perintah itu sama saja fungsinya.

$sudo gedit /boot/grub/menu.lst
perintah ini digunakan untuk mengubah supaya bisa menjalankan os lain terlebih dahulu (bila dualboot).
Cari item default, ganti angka yang ada (biasanya 0) menjadi angka urutan OS yang ingin kita jalankan (biasanya kalo dualboot ubuntu dengan Windows angkanya 4).
Apabila tidak menginginkan menu grub ditampilkan, maka cari tulisan hiddenmenu, hilangkan tanda # dimukanya. Setelah itu simpanlah file tersebut dan silahkan untuk merestart komputer/laptop anda sehingga bisa melihat perubahan yang terjadi.

$sudo apt-get update
Digunakan untuk melakukan update terhadap daftar file/instalasi/program/keamanan baik melalui repositori DVD maupun langsung online

$cat namafile
$more namafile
$less namafile
Berfungsi untuk melihat isi file di konsole, tapi kita tidak bisa melakukan editing.

$nano namafile
$vim namafile
Berfungsi untuk mengedit file di konsole. Perintah nano lebih kusukai daripada vim, mungkin karena telah mengenal lebih dahulu dengan nano :).

Mungkin itu dulu pengenalan perintah yang sering saya gunakan.

2 komentar:

Simpang Mahar mengatakan...

ulun memang kada familiar dengan linux, tapi dulu pernah haja belajar DOS, kira-kira kada talalu jauh kalo

ipulborneo mengatakan...

Insya Alloh kurang lebih, tapi ada beberapa perintah yang berbeda, misalnya untuk menampilkan daftar file dan direktori (lebih dikenal sebagai folder oleh windows)kalo di DOS perintahnya DIR, kalo di linux perintahnya ls.
Dan juga kalo di DOS besar kecil huruf ga masalah, di linux, harus dibedakan. Juga adanya perintah-perintah tertentu di linux yang hanya user root yang bisa menjalankan. Kalo di DOS ga bakal ada..
Salam kenal buat Simpang Mahar, mudahan bisa ketemu kita kalo lagi ke barabai.