Senin, 10 Januari 2011

Mengakali PLIK

Hehehe, judulnya memang benar, pada tulisan kali ini, akan dipaparkan gimana mengakali sistem PLIK yang mengharuskan penggunakan voucher pada komputer klien. Tapi cara mengakalinya bukan dengan cara meng-hack atau sejenisnya, tapi dengan cara instal ubuntu secara dualboot.
Ceritanya, setelah kehabisan nomor voucher, maka komputer klien PLIK milik teman tidak bisa lagi digunakan untuk browsing, bahkan untuk masuk sekedar mengetik juga tidak bisa. Juga karena kita akan mengadakan kerjasama sebagai tempat praktek bagi anak-anak saya pada pelajaran TIK, maklum, sekolah di atas gunung, sangat jarang yang punya fasilitas laboratorium komputer lengkap.
Karena komputer klien PLIK hanya diinstal dengan ubuntu 9.04, maka penulis menginstal lagi di komputer klien PLIK dengan ubuntu 10.10 secara dualboot.
Lalu kita coba akses internet menggunakan gateway komputer server PLIK, ternyata tidak bisa browsing, hanya bisa ping saja. Jadi, komputer server juga menjadi sasaran instal ubuntu 10.10, secara dualboot tentunya.
Setelah dilakukan pengaturan pada komputer server, maka komputer klien bisa browsing dengan lancar. Karena billing PLIK tidak bisa digunakan, maka penulis instalkan billing aura. Sebelumnya kita kopikan dulu file-file repository ubuntu10.10 ke komputer server dari laptop penulis, untuk kemudahan instalasi billing aura dan paket-paket ekstra (codec audio/video dan flashplayer).
Setelah uji coba, ternyata ada beberapa masalah di sisi klien, meskipun tidak mempengaruhi akses internet, yaitu tidak bisa shutdown, karena user yang dipakai hanyalah user Desktop, bukan user sudoer. Waktu menggunakan user sudoer, tidak ada masalah. Karena alasan keamanan dan kemudahan recovery, maka dibikinkan user Desktop untuk akses pelanggan.
Akhirnya, penulis instal disetiap komputer klien, openssh-server dan mengajarkan pada teman penulis, selaku operator (dan pemiliknya) cara shutdown komputer klien dari server.
Hari sudah beranjak sore, sehingga penulis harus pulang ke rumah di daerah kota, jadi hanya sempat menginstal dan menyeting pada komputer klien dan server PLIK. Padahal masih ada 3 komputer lagi (milik pribadi operator) yang ingin disambungkan ke internet.
Catatan: fasilitas PLIK milik teman tersebut memang belum diresmikan, masih dalam ujicoba.

8 komentar:

ESWK mengatakan...

gan, dismk saya juga baru pasang PLIK nih, tp setelah 1minggu pemasangan, koneksinya terputus dan ndak bisa dipakai, mohon kesediaannya membagikan ilmu. :)

ipulborneo mengatakan...

terputusnya dari mana?
pc servernya bisa dihidupkan? kalo bisa, coba diping ke salah satu ip publik. (misalnya ke ip opendns 208.67.222.222).
kalau ada respon, berarti tidak putus koneksinya.
Silahkan dicoba dulu.

mediarbs@gmail.com mengatakan...

bang, plik milik saya baru dapat onlin, tapi saya tidak bisa menbuka pasword pc guest, tolong minta pasword / dan di kirim di eifellee@yahoo.co.id

ipulborneo mengatakan...

untuk mediarbs,
pertama saya bukanlah admin plik ataupun operator plik, jadi mohon maaf tidak mengetahui user/password pc guest.
Yang saya tahu, untuk masuk ke pc guest, harus menggunakan voucher yang dikirim dari pusat.
Meskipun ada juga yang mengatakan, bisa masuk tanpa voucher, tapi tidak bisa konek ke internet, dengan menggunakan user/password tertentu (sayangnya saya tidak mengetahuinya).

Naturally of Kutai mengatakan...

bang admin, mau tanya nih, di tempatku juga udah dipasang PLIK, tapi masalahnya komputer kliennya tidak bisa akses internet,padahal prosedurnya sudah dijalankan semua, masalahnya pada klien pas mau login di software browser slalu username dan password salah juga bahkan yang kedetek diserver cuma satu unit, klien yang lain tdk terdetek, kalau server PLIKnya udah bisa akses internet,

ipulborneo mengatakan...

Untuk Naturally of Kutai,
coba dicek dulu kabel jaringan (utp) untuk pc klien-pc klien yang tidak mau konek, apakah sudah terpasang dengan baik atau tidak? Pemeriksaan juga dilakukan pada sambungan di switch.
Apakah saat pemasangan pertama sudah dicoba semua klien dan berhasil konek?

Greenscarletz mengatakan...

bang admin ..saya mau tanya..kenapa di tempat saya (PLIK) tidak bisa konek internet ya ? kalau di ping selalu request time out....
mohon solusinya
regard.

Unknown mengatakan...

bang admin saya mau tanya,,, kenapa pada billing plik,, ketika saya mau masuk ke billling selalu muncul pesan "502 bad gateway" mohon solusinya.